Gelar Reuni, Ponpes Hidayatullah Sorong Kukuhkan Ikatan Alumni


SORONG - Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Sorong menggelar acara Reuni Akbar Alumni di kampusnya, Jl. Supriayadi Desa Makbusun Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Acara pada Sabtu-Ahad, 24-25 Rabiul Awwal 1443 H (30-31/10/2021) ini mengusung Tema "Back To Pondok, Menuju Indonesia Bermartabat".


Acara ini dibuka oleh Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Papua Barat, Ust. Miftahuddin. Hadir pula Ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah Kabupaten Sorong, Ust. Anang Ma'ruf, S.Pd.I.


Miftahuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa melihat pentingnya wadah untuk alumni ini, maka penting segera dibentuk forum ikatan alumni Hidayatullah di setiap Pondok Pesantren Hidayatullah yang ada di Papua Barat. 


Kata Miftahuddin, Hidayatullah saat ini telah hadir di 9 Kabupaten Kota yang ada di Papua Barat dan berbagai kampus pesantrennya telah melahirkan banyak sekali alumni. Ileh sebab itu, dia mendorong ikatan alumni segera dibentuk sebagai wadah konsolidasi dan silaturrahim.

 

"Kami di DPW Hidayatullah Papua Barat tahun ini akan dorong setiap Ponpes Hidayatullah di Papua Barat untuk membentuk forum alumni" kata Miftahuddin.

Ditambahkan, Forum Alumni dibentuk dengan tujuan sebagai wadah untuk menjalin ukhuwah dan eratkan persaudaraan & kuatkan sinergi dalam berdakwah.


"Dalam berdakwah tidak bisa hanya mengandalkan pribadi-pribadi saja, tetapi perlunya sinergi dari semua pihak, baik perseorangan maupun organisasi, apatahlagi zaman milenial sekarang ini," kata salah satu pengurus DPW Hidayatullah termuda ini. 


Miftahuddin melanjutkan, semua media bisa menjadi sarana untuk berdakwah bukan hanya di podium semata. Sehingga, kata dia, diharapkan peran dari setiap alumni Hidayatullah untuk membantu dalam berdakwah.


Sementara itu, Ustadz  Anang Ma'ruf selaku Ketua Yayasan Hidayatullah Sorong yang menjadi tuan rumah pertemuan ini, mengungkapkan dalam sambutannya bahwa kegiatan reuni ini baru pertama kali dilaksanakan semenjak Ponpes Hidayatullah Sorong dibuka pada tahun 1992 silam.


"Semoga acara reuni perdana ini menjadi cikal-bakal lahirnya generasi-generasi Islam tangguh," pungkas Anang. 


Untuk memeriahkan acara, panitia mengemas berbagai kegiatan. Seperti pertandingan futsal antar alumni, fun games. Selain itu, ada juga testimoni alumni dan diskusi alumni.


Di akhir acara, disepakati Ustadz Raju Atid Sewu sebagai ketua Forum Ikatan Alumni Pondok Pesantren Hidayatullah Sorong. Ini sebagai upaya untuk mengorganisasi lulusannya yang kini telah tersebar di seluruh Nusantara.(ybh/hio)